Linimasa Kelistrikan Dunia

Sekitar 600 SM

Thales, seorang Yunani, menemukan bahwa ketika batu ambar digosok dengan sutra, menjadi bermuatan listrik dan menarik objek. Dialah yang pertama kali menemukan listrik statis.
   

1600

William Gilbert (Inggris) pertama kali menyebut istilah Listrik (Electricity) yang berasal dari kata Elektron, bahasa Yunani untuk Batu Ambar.Gilbert menulis tentang elektrifikasi banyak zat. Dia juga orang pertama yang menggunakan istilah kekuatan listrik, kutub magnet, dan daya tarik listrik.
 

1660

Otto von Guericke (Jerman) menggambarkan dan juga mendemonstrasikan sebuah ruang hampa, dan kemudian menciptakan sebuah mesin yang menghasilkan listrik statis.Robert Boyle (Irlandia) menemukan bahwa kekuatan listrik dapat ditransmisikan melalui daya tarik vakum serta mengamati daya tarik dan daya tolakan.
 

1675

Stephen Gray (Inggris) membedakan antara konduktor dan nonkonduktor muatan listrik.
 

1745-1746

Georg Von Kleist (Jerman) mengembangkan kapasitator listrik pertama, perangkat untuk menyimpan listrik.Pieter van Musschenbroek (Belanda) secara mandiri mengembangkan kapasitator listrik yang kemudian dikenal sebagai Tabung Leyden selepas dari Universitas Leiden di mana dia bekerja.
 

1752

Ben Franklin (Amerika Serikat) mengikat sebuah kunci pada tali layang-layang selama berlangsungnya badai, dan membuktikan bahwa listrik statis dan kilat adalah hal yang sama.
 

1800

Alessandro Volta (Italia) menemukan baterai listrik pertama. Istilah Volt dipakai untuk menghormatinya.
 

1808

Sir Humphry Davy (Inggris) yang pertama kali menemukan lampu efektif. Lampu busur adalah sepotong karbon yang bersinar ketika terhubung dengan kabel ke baterai.
 

1820

Percobaan terpisah oleh Hans Christian Oersted (Denmark), Andre-Marie Ampere (Prancis), dan Francois Arago (Perancis) menunjukkan adanya hubungan antara listrik dan magnet.
 

1821

Michael Faraday (Inggris) menemukan prinsip elektro-magnetik rotasi yang nantinya akan menjadi kunci untuk mengembangkan motor listrik.
 

1826

Georg Ohm (Jerman) mendefinisikan hubungan antara daya, tegangan, arus dan resistansi pada Hukum Ohm.
 

1831

Dengan menggunakan penemuannya yaitu cincin induksi, Michael Faraday (Inggris) membuktikan bahwa listrik dapat diinduksi (dibuat) oleh perubahanmedanelektromagnetik. Eksperimen Faraday tentang bagaimana cara kerja arus listrik menuntun pada pemahaman mengenai transformator dan motor listrik.Joseph Henry (Amerika Serikat) secara terpisah menemukan prinsip induksi elektromagnetik namun tidak mempublikasikan karyanya. Dia juga menggambarkan sebuah motor listrik.
 

1832

Dengan menggunakan prinsip-prinsip Faraday, Hippolyte Pixii (Prancis) membangun dinamo pertama, sebuah generator listrik yang mampu memberikan daya listrik untuk industri. Dinamo Pixii menggunakan engkol untuk memutar magnet di sekitar sepotong besi yang terbungkus dengan kawat.
 

1835

Joseph Henry (Amerika Serikat) menemukan relay listrik, yang bisa mengirim arus listrik jarak jauh.
 

1837

Thomas Davenport (Amerika Serikat) menemukan motor listrik, sebuah penemuan yang pada dewasa ini banyak digunakan untuk peralatan listrik.
 

1839

Sir William Robert Grove (Skotlandia) mengembangkan sel bahan bakar untuk pertama kali, sebuah alat yang memproduksi energi listrik dengan menggabungkan hidrogen dan oksigen.
 

1841

James Prescott Joule (Inggris) menunjukkan bahwa energi adalah kekal dalam sirkuit listrik yang melibatkan arus, pemanasan termal, dan transformasi kimia. Sebuah unit energi termal, Joule, dinamakan untuk mengenang beliau.
   

1844

Samuel Morse (Amerika Serikat) menemukan telegraf listrik, sebuah mesin yang bisa mengirim pesan jarak jauh melalui kabel.
 

1860

Teori matematikamedanelektromagnetik diterbitkan. JC Maxwell (Skotlandia) membuat sebuah era baru dalam fisika ketika ia menyatukan magnet, listrik, dan cahaya. Empat hukum Maxwell tentang elektrodinamika (Persamaan Maxwell) akhirnya membawa pada pengembangan tenaga listrik, radio, dan televisi.
 

1876

Charles Brush (Amerika Serikat) menemukan dinamo kumparan terbuka (atau generator) yang dapat menghasilkan suatu arus tetap dari listrik.
 

1878

Joseph Swan (Inggris) menemukan bola lampu pijar pertama (disebut juga lampu listrik). Bola lampu tersebut dapat terbakar dengan cepat.Charles Brush (Amerika Serikat) mengembangkan sebuah lampu busur yang dayanya didapat dari generator.

Thomas Edison (Amerika Serikat) mendirikan Edison Electric Light Co dikotaNew York. Dia membeli sejumlah paten yang berhubungan dengan penerangan listrik dan memulai percobaan untuk mengembangkan, bola lampu yang tahan lama dan praktis.

 

1879

Setelah melakukan banyak percobaan, Thomas Edison (Amerika Serikat) menemukan bola lampu pijar yang dapat digunakan sekitar 40 jam tanpa terbakar. Pada tahun 1880, lampunya dapat digunakan untuk 1.200 jam.Lampu-lampu listrik (lampu busur Brush) pertama kali digunakan untuk penerangan jalan umumdi Cleveland,Ohio.

California Electric Light Company, Inc di San Fransisco adalah perusahaan listrik pertama yang menjual listrik kepada pelanggan. Perusahaan ini menggunakan dua generator Brush kecil untuk menyalakan 21 lampu busur Brush.

 

1881

Trem listrik ditemukan oleh EW v Siemens.
 

1882

Thomas Edison (Amerika Serikat) membuka pembangkit listrikPearl StreetdiNew York City. Pembangkit listrik ini adalah salah satu Pembangkit Tenaga Listrik pertama di dunia dan dapat membangkitkan daya listrik sebanyak 5.000 lampu. Pembangkit listrik ini menggunakan system tenaga arus searah (DC/Direct Current), tidak seperti sistem tenaga yang kita gunakan saat ini yang menggunakan arus bolak balik (AC).Pembangkit Listrik Tenaga Air pertama kali dibuka diWisconsin.

Edward Johnson pertama kali memasang lampu listrik pada pohonNatal.

 

1883

Nikola Tesla (Imigran AS dari KekaisaranAustria) menemukan Kumparan Tesla, sebuah transformator yang mengubah tegangan listrik dari tegangan rendah ke tegangan tinggi, sehingga lebih mudah untuk transmisi jarak jauh.
 

1884

Nikola Tesla menemukan alternator listrik untuk menghasilkan arus bolak balik (AC/Alternating Current). Sampai pada masa ini, listrik yang dihasilkan menggunakan arus searah (DC) dari baterai.Sir Charles Algernon Parsons (Inggris) menemukan generator turbin uap, mampu menghasilkan sejumlah besar listrik.
 

1886

William Stanley, Jr (Amerika Serikat) mengembangkan transformator kumparan induksi dan sistem arus listrik bolak-balik.
 

1888

Nikola Tesla mendemonstrasikan sistem listrik arus bolak balik banyak fasa pertama. Sistem arus bolak baliknya ini termasuk semua unit yang dibutuhkan untuk produksi listrik dan penggunaannya: generator, transformer, sistem transmisi, motor (digunakan dalam peralatan) dan lampu. George Westinghouse, kepala Westinghouse Electric Company, membeli hak paten pada sistem AC.Charles Brush (Amerika Serikat) adalah orang pertama yang menggunakan kincir angin besar untuk menghasilkan listrik. Dia menggunakan kincir angin untuk mengisi baterai di ruang bawah tanah rumahnyadi Cleveland,Ohio.
 

1893

Perusahaan Westinghouse Electric menggunakan arus bolak-balik (AC) untuk menerangi Pameran Dunia Chicago (ChicagoWorld’s Fair).Jaringan listrik AC sepanjang 22 mil dibuka, mengirim listrik dari Folsom Powerhouse di California keSacramento.
 

1895-1896

PLTA Air Terjun Niagara dibuka. Pada awalnya menyediakan listrik untuk daerah setempat. Setahun kemudian, ketika jaringan listrik AC dibuka, tenaga listrik dari Air Terjun Niagara dikirim ke pelanggan yang jaraknya lebih dari 20 mil di Buffalo, New York.
 

1897

Joseph John Thomson (Inggris) menemukan elektron.
 

1901

Jaringan listrik pertama antara Amerika Serikat dan Kanada dibuka di Niagara Falls.
 

1903

Pembangkit listrik turbin pertama di dunia dibuka di Chicago.Generator terbesar di dunia (5.000 watt) dibuka di Shawinigan Water & Power; dan jaringan tegangan listrik terbesar dan tertinggi di dunia (136 kilometer dan 50 kilovolt) mengirim listriknya ke Montreal.
 

1908

J. Spangler (Amerika Serikat) menemukan mesin penyedot debu listrik pertama.
 

1909

Pembangkit listrik sistem pumped storage pertama di dunia dibuka di Swiss.
 

1911

W. Carrier (Amerika Serikat) menemukan AC (Air Conditioning) listrik.
 

1913

Thomas Edward Murray (Amerika Serikat) menciptakan perangkat kontrol polusi udara pertama, dikenal sebagai penangkap abu.A. Goss menemukan kulkas listrik.
 

1920

Komisi Listrik Federal (FPC/the Federal Power Commission) didirikan untuk memberikan lisensi proyek-proyek hidroelektrik.
 

1921

Pembangkit Listrik Lakeside di Wisconsin menjadi pembangkit listrik pertama di dunia yang hanya membakar bubuk batubara sebagai bahan bakunya.
 

1922

Connecticut Valley Power Exchange (CONVEX) mulai merintis interkoneksi antara utilitas.
 

1933

The Tennessee Valley Authority (TVA) dibuat. Ini adalah otoritas listrik pertama Federal dan dirancang untuk memberikan kekuatan regional.
 

1935

Beberapa legislasi New Deal disahkan selama pemerintahanRooseveltyang dirancang untuk mengatur utilitas umum dan untuk mentransmisikan listrik ke pedesaan Amerika.Undang-undang Utilitas Induk Perusahaan Publik tahun 1935, yang mana dirancang untuk memecah perusahaan induk yang kuat yang telah memborong banyak perusahaan listrik yang lebih kecil.

Undang-undang Ketenagalistrikan Federal tahun 1935

Pembentukan Komisi Sekuritas danBursa

Pembentukan proyek Bonneville Power, otoritas pemasaran pemerintah Federal.

 

1936

Boulder(kemudian berganti nama menjadiHoover) Dam selesai dibangun. Sebuah jaringan kabel listrik 287 kilovolt membentang 266 mil dari bendungan di Boulder City, Nevada ke Los Angeles, California.Undang-undang Elektrifikasi Pedesaan tahun 1936 bertujuan untuk melistriki wilayah pertanian di seluruh negeri.
 

1942

Karena elektrifikasi pedesaan, hampir setengah dari pertanian Amerika memiliki listrik, dibandingkan dengan pada tahun 1932 yang hanya 11 persen.
 

1943-1946

Komputer Digital elektronik untuk tujuan umum pertama dibangun, ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer).
 

1947

Transistor ditemukan oleh para ilmuwan di Bell Telephone Laboratories.
 

1950

Hampir semua pertanian di Amerika memiliki listrik.John Hopps (Kanada) menemukan bahwa jika jantung berhenti berdetak karena proses pendinginan, dapat digerakkan kembali oleh stimulasi buatan dengan menggunakan cara mekanis atau listrik. Hal inilah yang membawa pada penemuan alat pacu jantung pertama di dunia.
 

1951

Charles Ginsburg (Amerika Serikat) menemukan perekam video kaset pertama (VTR).
 

1953

701 EDPM (Electronic Data Processing Machine) milik IBM berhasil diciptakan sebagai komputer komersial pertama untuk tujuan umum.
 

1954

Pembangkit listrik tenaga nuklir pertama di dunia (Rusia) mulai menghasilkan listrik.Undang-undang Energi Atom tahun 1954 disahkan. Ini memungkinkan kepemilikan pribadi dari reaktor nuklir.

Chaplin, Fuller dan Pearson (Amerika Serikat) bekerja untuk Bell Labs, menemukan sel surya (solar cell) pertama.

 

1957

Reaktor Shippingport di Pennsylvania adalah PLTN pertama untuk menyediakan listrik kepada pelanggan di Amerika Serikat.
 

1958

Modem komersial pertama dikembangkan oleh AT & T.
 

1961

Sirkuit terpadu pertama yang tersedia secara komersial diproduksi oleh Fairchild Semiconductor Corporation (Amerika Serikat). Semua produsen komputer mulai menggunakan chip bukan lagi transistor individual dengan bagian-bagian yang menyertainya.Kalkulator elektronik desktop yang pertama adalah ANITA Mk VII dan Mk 8, yang menggunakan teknologi tabung vakum.
   

1962

Undang-Undang Satelit Komunikasi Tahun 1962 mendorong perkembangan komunikasi satelit.Steve Russell (Amerika Serikat) menciptakan Spacewar! – Game pertama yang ditujukan melalui penggunaan komputer.
 

1963

Sebuah link komunikasi langsung didirikan antara bekas Republik Sosialis Uni Soviet (Uni Soviet) dan Amerika Serikat.
 

1964

International Business Machines Corporation (sekarang IBM) menggunakan dioda pemancar cahaya (LED/Light Emitting Diodes) pada papan sirkuit dalam era awal komputer mainframe.
 

1972

Permainan jenis arcade ‘Pong’ diciptakan oleh Nolan Bushnell.
 

1973

Scelbi, komputer pribadi pertama, dirancang oleh Nate Wadsworth dan Bob Findley (Amerika Serikat), hadir dengan 1K memori terprogram, dan dengan 15K tambahan memori yang tersedia.Dr. Martin Cooper (Amerika Serikat) menemukan telepon genggam portabel pertama.
 

1975

Robert S. Ledley (Amerika Serikat) diberikan hak paten untuk sistem X-ray diagnostik, komputerisasi tomografi aksial (juga dikenal sebagai CT Scan atau CAT Scan).
 

1976

Kabel serat optik komersial pertama dipasang diChicagountuk sinyal telepon.
 

1977

Jaringan mesin teller otomatis (ATM) pertama dikembangkan.
 

1981

Komputer yang dianggap oleh sebagian besar sejarawan sebagai benar-benar komputer portabel pertama adalah Osborne 1 yang dibuat oleh Adam Osborne (Amerika Serikat).
 

1990

Kemajuan teknologi LED membawa pada komersialisasi besar-besaran warna biru dan hijau solid sebaik pengembangan LED putih.
 

1993

PDA (Personal Digital Assistants) pertama, atau asisten pribadi digital, dirilis oleh Apple Corporation (Amerika Serikat).
 

1998

Ericsson, IBM, Intel, dan Nokia bekerjasama untuk mengembangkan teknologi Bluetooth yang memungkinkan komunikasi nirkabel antara ponsel, laptop, PC, printer, kamera digital, dan konsol permainan video.
 

2001

iPod, pemutar media portabel, diluncurkan oleh Apple Corporation.
 

2004

Dengan rentang warna penuh dari LED berdaya tinggi, desain arsitektur yang lebih maju, panggung dan studio pencahayaan dikembangkan.  LED berwarna mengurangi konsumsi daya.
 
Sources: National Energy Education Development Project, Intermediate Energy Infobook, 2005–06.
California Energy Commission, Energy Quest.(http://www.energyquest.ca.gov/time_machine/index.php), October 2007

 

4 Comments (+add yours?)

  1. Charlotte
    Jun 17, 2013 @ 08:00:32

    It is a “patented microfilament brush” that has finer bristles than a other toothbrush Its said that the toothbrush performs the same function
    as flossing, although it is recommended that you continue floss.
    In truth removal of plaque by good toothbrushing will reduce dramatically the effects of sugar.

    However, if you’re aiming for the supreme model, you have to know that there is no such thing as “THE best electric toothbrush”.

    Reply

  2. http://dominiqueanjq.wordpress.com/2013/07/14/a-background-in-effective-methods-for-best-chainsaw/
    Jul 20, 2013 @ 01:20:12

    Inspect the choke plate for the chain saw if there is trouble
    starting. When it comes to taking care of your Poulan chainsaw there are a number of parts that you should
    be paying special attention to. Modern saw
    technology offers potential owners two distinctly different paths when it comes
    to what type of technology they want their saw to operate with.

    Reply

Leave a comment